ALASAN KENAPA KAMU HARUS KUNJUNGI KOTA CIREBON.!!

Setelah beredar kabar bahwa Cirebon itu kota tilang namun itu jangan membuat kamu ilfil untuk mengunjungi kota yang ada di Jawa barat ini, kenapa?. karena kota cirebon mempunyai destinasi wisata,budaya yang saya rasa akan membuat kamu kangen akan kota Cirebon, lalu apa saja yang membuat kota cirebon harus kamu kunjungi, yuu kita ulas satu persatu.

TEMPAT WISATA
1. Cirebon waterland dan Apita Waterboom
Cirebon waterland tempat sejarah yang berada dipinggir pantai, dulu bernama wisata Taman Ade Irma Suryani (TAIS) itu memiliki wahana wisata lekat dengan hiburan air. Wahana air yang disediakan Cirebon Waterland yaitu, waterboom, perahu bebek, kolam arus, dan air mancur dan wahana wisata air lainnya. Bukan hanya itu, Cirebon waterland pun menyediakan fasilitas penginapan cottage bagi pengunjung yang ingin bermalam di sana.

Selain Cirebon waterland ada juga Apita waterboom tempat rekreasi keluarga yang berada di jalan kedawung samping hotel apita, tidak jauh berbeda dengan cirebon waterland, apita waterboom juga memberikan tempat rekreasi air yang begitu menyenangkan

2. Keraton kesepuhan dan keraton kanoman
Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut  keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya.
Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.
Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka. Salah satu koleksi yaitu kereta singa barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 syawal untuk dimandikan. Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Di dalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja.(sumber : wikipedia.org). Di dalam kompleks Keraton Kasepuhan ada sebuah mesjid, mesjid  ini memiliki nama yang cukup indah yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan merupakan bangunan ibadah tertua di Cirebon. Wisatawan yang hadir ke sini tentu saja untuk beribadah, dan setelah itu, biasanya mereka suka mengambil gambar (fotografi) karena keindahan arsitektur pada bangunan masjid.
Selain keratom kesepuhan ada juga keraton kanoman. Keraton Kanoman adalah salah satu dari dua bangunan kesultanan Cirebon, setelah berdiri keraton Kanoman pada tahun 1678 M kesultanan Cirebon terdiri dari dan keraton Kanoman yang merupakan pemimpin dan wakilnya. Kebesaran Islam di Jawa Barat tidak lepas dari Cirebon. Sunan Gunung Jati adalah orang yang bertanggung jawab menyebarkan agama Islam di Jawa Barat, sehingga berbicara tentang Cirebon tidak akan lepas dari sosok Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

3. Pantai Kejawanan 
Mungkin pantai ini tidak sebagus pantai pink yang ada di pulau komodo, pantai pandawa yang ada di Bali ataupun pantai yang lainnya namun pantai yang ada di Cirebon ini tetap menjadi alternatif wisata anak muda, karena murahnya. Disini kamu bisa bermain bola dipinggiran pantai, memancing ataupun berkeliling ke tengah laut dengan menyewa perahu yang disediakan.





4. Taman gua sunyaragi
Gua yang berada dipinggirjalan utama Kota Cirebon merupakan sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebgaai Tamansari Sunyaragi. Nama "Sunyaragi" berasal dari kata "sunya" yang artinya adalah sepi dan "ragi" yang berarti raga, keduanya adalah bahasa sansekerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para sultan Cirebon dan keluarganya.



5. Setu pengasinan Sedong dan Setu patok Mundu
Setu yang berada di daerah Desa Sedong kecamatan Sedong dan Setu yang ada di Desa Mundu ini wajib kamu kunjungi karena merupakan setu yang begitu indah di daerah Cirebon.









6. Banyu panas Palimanan 
 Banyu yang artinya air, banyu panas berati air yang panas, tempat wisata yang berada di 16 Km dari pusat kota Cirebon atau tepatnya di Jalan Raya Cirebon-Bandung Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Pemandian air panas ini berada di pegunungan kapur Gunung Kromong, oleh karena itu para penelusur yang mengunjungi tempat wisata ini akan dimanjakan dengan pesona dua warna alam yang dominan, yakni warna hijau pepohonan dan abu-abu batuan kapur.




        Selain tempat-tempat diatas masih banyak lagi yang harus kamu kunjungi di Cirebon seperti makam sunan Gunung jati, rumah kerang di Plered, kampung batik, dan lain-lain.
Share on Google Plus

About cocoretan.co

0 comments:

Post a Comment