Potensi Wisata Budaya Cirebon

Pernah dengar dengan lirik lagu “akeh wong padha kedanan masakan, akeh wong padha kelingan pelayan ora klalen kesopanan ning sekabeh lelangganan” atau“kota cerbon, kotane ning pinggir laut, tapel wates jawa tengah jawa barat” atau mungkin hafal dengan lagu tersebut? Ya jelas itu merupakan sepenggal lirik lagu yang sangat popular dikalangan masyarakat Cirebon karena lagu tersebut merupakan lagu dengan lirik Basa Cerbon . Kota cirebon, merupakan salah satu kota di provinsi jawa barat. Meski kota ini dilewati oleh jalur laut namun Cirebon tidak memiliki pantai yang eksotis meski begitu bukan berarti kota ini tidak memiliki destinasi tujuan wisata. Tak berlebihan jika kota Cirebon dinilai kental akan kebudayaannya serta tradisi adatnya sehingga menjadikan kota tujuan wisata budaya. Salah satu bukti nyata kota ini kental akan budaya nya yaitu dengan adanya bentuk berupa berdirinya bangunan keraton yaitu kesepuhan, kanoman. Selain kedua keraton tersebut ada juga goa sunyaragi dan  sebuah masjid merah serta makam syeh gunung djati yang sering dikunjungi peziarah lokal maupun luar.
           
Bukan hanya meninggalkan berupa bentuk bangunan peninggalan budaya ada juga berupa seni-seni lain seperti sintren, tari topeng, kirab budaya, gembyung, sandiwara dan lain-lain. Contoh seni tersebut merupakan tontonan tersendiri saat mengunjungi kota Cirebon serta mengenal budaya asli Cirebon.

Dengan diadakannya Kirab Festival Keraton Nusantara (FKN) XI bukti bahwa Cirebon memang memiliki potensi sebagai kota budaya.festival ini menyuguhkan penampilan dari beragam kekhasan dan keunikan yang dimiliki setiap keraton yang ada di Indonesia, terutama produk adat dan budaya. Acara ini disuguhkan untuk masyarakat umum yang ingin menyaksikan aneka ragam adat-budaya seperti pakaian, senjata khas, dan lainnya. kegiatan tersebut secara tidak langsung dapat melestarikan dan mempromosikan kebudayaan yang ada di Indonesia serta khususnya budaya yang ada di Cirebon ke masyarakat luas. Bagi para pengunjung festival ataupun yang sedang mengunjungi kota Cirebon Tak lengkap rasanya jika hanya jalan-jalan menyusuri tempat wisata di Cirebon. Dan yang wajib kita lakukan setelah itu ialah mencicipi masakan khas Cirebon diantaranya Sega (nasi) Jamblang, Sega Lengko, Empal Gentong, Docang, Tahu Gejrot, Kerupuk Melarat, Mendoan, Sate Beber, Mi koclok, Empal Asem, empal gentong, Ketoprak Cirebon, Bubur Ayam Cirebon, Kerupuk Udang dan sebagainya. Itu semua merupakan wisata kuliner asli Cirebon yang sangat menggoda sehingga wajib dicicipi saat berkunjung ke Cirebon. Selain makanan kita juga bisa membawa buah tangan berupa batik khas Cirebon yaitu batik mega mendung yang menjadi icon batik kota Cirebon.

Meski Cirebon terus digenjot dengan hadirnya mall-mall besar serta banyak pabrik yang didirikan, itu tidak akan menghapus citra kota Cirebon sebagai kota wali dan kota wisata budaya.  Bukan tidak mungkin Cirebon bisa menjadi kota wisata budaya tujuan utama karena kota ini memiliki peradaban budaya.

kehidupan saat ini wisata  merupakan kebutuhan hidup manusia yang tidak dapat dihilangkan lagi. Selain itu peran budaya sangatlah penting bagi generasi penerus karena budaya merupakan salah satu harga diri dan identitas putra daerah yang harus dilestarikan dan diperkenalkan. Dari sisi lain perkembangan wisata dan budaya di kota Cirebon perlu ditingkatkan agar mampu mendorong pengembangan sektor-sektor lain seperti sektor perekonomian, diharapkan mampu membantu mendongkrak perekonomian masyarakat Cirebon serta pendapatan daerah. Peran penting dari pemerintahan serta elemen maryarakat dan Sebagai putra daerah yang lahir dan besar di Cirebon  bersama kita jaga, kita do’akan, kita dukung, lestarikan dan mengenal kembali wisata dan budaya Cirebon dan mengeksplore kekayaannya.


#BloggerCirebon #SmartFren #WisatadanBudayaCirebon











Share on Google Plus

About cocoretan.co

0 comments:

Post a Comment